Blue Fire Pointer
Kamis, 09 Juli 2015

EKSPRESIKAN NARSIS-MU!

EKSPRESIKAN NARSIS-MU!
Oleh : Mohammad Khadziqun Nuha



Sebagai pakar remaja alay yang eksis di sosial media nomor tiga di Indonesia, tentunya setelah Bang Raditya Dika (Penulis buku dan juga comic itu) diurutan pertama dan mas Habibur Rahman di urutan kedua (Siapa dia? Ngga penting! Lupakan!), merasa perlu aku jabarkan beberapa pose yang wajib dikuasai kalau kamu ingin dicap orang yang memiliki taraf kealayan tinggi ketika berselfie-selfie ria di dunia maya. Beberapa pose ini berdasarkan pengamatanku selama beberapa tahun yang telah teruji secara klinis di beberapa sosial media macam facebook, twitter, instagram dan kawan-kawannya.Penasaran? Plis! Bilang iya! Biar aku ngga tensin. Baik, bagi yang penasaran, silakan menyimak pemaparanku berikut ini. Cekidot!

Pertama, pose piss (semoga ejaannya ngga benar). Itu tuh, suatu gaya yang mengharuskan kita mengangkat jari telunjuk dan jari tengah. Ini merupakan pose yang paling fundamental yang musti dikuasai kalau kamu ngaku anak gaul. Biasanya, kaum alaydari usia muda sampai yang udah beruban menggunakan jurus yang satu ini dengan mengangkat kedua jari itu kedepan tubuhnya atau menaruh kedua jari itu di pipi, hidung, mulut atau bahkan dikepala dengan satu tangan atau dua tangan biar seperti kelinci. Selainpose piss (atau peace ejaannya yang benar atau whatever-lah. Toh, aku juga ngga paham kenapa dulu mengangkat kedua jari itu disebut lambang perdamaian. Kalau mau tahu sejarahnya, tanya aja ke guru sejarahmu masing-masing, jangan ke aku. Yuks lanjutttt...), aku biasa menyebut pose ini dengan pose salam dua jari (merujuk pada tagline kampanye salah seorang mantan capres yang berinisial jokowi itu), pose duta KB Nasional (Ingat! Dua anak cukup) atau pose bintang iklan suatu produk mie terkemuka di negeri ini (tepat! Sarimie isi dua). Apapun namanya, pose ini truly recommended untuk digunakan bagi kaum alay yang masih awam.

Kedua, pose angka satu. Mungkin gaya ini lahir sebagai lawan gaya yang pertama. Pelaku gaya ini akan mengacungkan jari telunjuk didepan mulut, menunjuk hidung atau mungkin mengangkatnya hingga membentuk tanduk dikepala. Pose ini juga bisa digunakan untuk bergaya mikir, yakni dengan menunjuk kepala kepala. Gaya ini sangat cocok bagi yang berjiwa muda dan ingin eksis. Tapi biarpun cocok untuk anak muda, kusarankan untuk satu jari yang diacungkan bukanlah jari tengah. Karena jika kamu lakukan, sudah dipastikan kamu akan mendapatkan banyak komentar hujatan dengan sukses dibawah foto itu. Tidak percaya? Silakan mencoba mengunggah foto dengan pose tersebut.


Ketiga, pose bebek atau platypus face. Pernah ngga sih menjumpai remaja masa kiniupload foto dengan mulut yang dimanyun-manyunin? What!!! Apa maksudnya coba? Kamu terobsesi pengen dikutuk jadi bebek atau platypus (buat yang belum tau platypus itu apa, silakan googling, ntar kamu akan menjumpai seekor hewan yang bermulut panjang)? Gitoh?? Atau kamu fans beratnya adik ceweknya om mandra itu sehingga pengen ngikutinstyle-nya? Iyah? Gitoh? Aku sendiri juga ngga habis pikir, siapa founding father dari gaya ini. Yang jelas gaya ini sudah mewabah diseluruh penjuru negeri ini bahkan diseluruh dunia. Pose ini sangat cocok bagi kaum hawa. Bagi kaum adam gimana! Etdah bener...Urungin niatmu untuk melakukannya, gaez... Kamu ngga justru terlihat maco, malah terlihat kehabisan obat.

Keempat, pose shock. Ada-ada saja trik anak muda jaman sekarang agar disebut keren. Salah satunya adalah memakai gaya mlongo dengan mulut yang menganga dan mata melotot serasa barusan mendapat berita yang mengagetkan. Ketika mendapati poseseperti ini di sosmed, aku biasanya hanya bisa menelan ludah dalam-dalam, geleng-geleng kepala lalu berkata dalam hati, "anak muda... anak muda...". Pose ini hanya bisa dilakukan oleh yang sudah terlatih atau profesional. Kalau belum pernah latihan sebelumnya atau tanpa bimbingan ahli dibidangnya, don’t try this at home or anywhere! Esumpahdah, kamu ntar akan terlihat seperti orang yang (maaf!) nahan pub.

Kelima, pose bertongsis. Tahu kan tongsis? Iya, seratus buat yang menjawab tongkat narsis. Ini merupakan piranti wajib bagi kamu para alayer yang ingin naik level. Yoi mamen... Dengan alat ini, kamu akan terlihat lebih keren karena biasanya alat ini hanya digunakan oleh kaum menengah keatas. Untuk kaum menengah kebawah gimana? Tenang, gaezzz... Ngga usah khawatir, aku rekomendasikan alat yang memiliki fungsi yang sama, sebut saja culsis (pacul narsis), pengsis (pengki narsis. Etdah... ngga tau pengki? Itu lho yang bahasa jawanya cikrak, yang digunakan untuk mengangkut sampah), atau berbagai kayu panjang lain yang dapat digunakan sesuai kreatifitasmu masing-masing. Yang penting, dengan tongsis-tongsis tersebut, kamu dapat lebih terlihat unyu dengan sudut kamera yang diambil dari atas. Tongsis ini bisa digunakan untuk foto selfie ataugroovie (hah??? Ngga tahu juga groovie??? Itu tuh, foto bareng-bareng bersama orang lain)

Keenam, pose tampak atas. Penyuka pose ini akan mengambil sudut kamera dari atas. Mereka akan mengangkat tangannya tinggi-tinggi sambil membawa kamera handphone atau digital. Selanjutnya, yang harus dilakukan adalah memasang muka sok imut dengan menatap tajam atau memasukkan kedua bibir berasa nahan ingin kebelakang. Bisa ngebayangin kan?

Ketujuh, pose menembak. Ini merupakan pose jadul yang sering digunakan oleh kaum adam yang hidup dikurun waktu tahun 2000-an kebawah. Mereka kira pasti sudah keren dengan memegang pistol yang disimbolkan dengan mengangkat jari jempol dan telunjuk ntah itu diangkat keatas, diarahkan menuju kamera atau ditembakkan ke kepala. Peminat pose ini akan berasa seperti pemeran dalam film james bond dengan gaya miring. Menurutmu, keren ngga?

Kedelapan, pose menonjok. Nah, kalau yang ini pose yang agak kekinian. Dengan tangan terkepal kedepan, gaya ini diimbangi dengan muka yang serius agar terlihat maco. Lebih lanjut, mereka akan mengedit foto tersebut dengan menuliskan beberapa huruf dijari-jarinya. Kebayang, kesan garang akan disematkan pada pelakunya. Gaya ini biasa dilakukan oleh cowok maco (ntah kalau hatinya mellow) atau cewek tomboy yang ingin eksis didepan kamera.

Kesembilan, pose merem. Bahkan menutup mata saja juga bisa dikategorikan eksis. Tuhan... Betapa gelapnya dunia pengguna pose ini. Namun kusarankan buat kamu yang mau mencoba pose ini segeralah membuka mata. Dunia ini, indah bro... Jangan terlalu lama kau tutup matamu. Terlebih, takutnya ntar waktu mulai menutup mata, banyak orang, eh saat dibuka udah pada kabur.


Kesepuluh, pose migrant. Emang sudah terbalik dunia ini. Bahkan gaya orang yang sedang sakit kepala pun jadi trend tersendiri. Pengguna dari gaya ini biasanya memegang dahinya dengan telapak tangan atau memegang sebelah kepalanya berasa sedang menahan sakit yang tiada tara. Dalam hatiku, wah.... Bener-bener sakit nih orang. Kalau sedang sakit itu berobat kek, ke dokter kek, ke rumah sakit kek, eh kok malah nampang didepan kamera. Diupload di sosmed pula. Yaa Tuhan... Ampunilah dosa mereka. Mereka khilaf, Tuhan. Jauhkan aku dari hal-hal demikian. Aamiin... 

Kesebelas, Pose sakit gigi. Bagaimana caranya? Tepat! Mudah sekali. Kita hanya butuh memegang pipi kita dengan satu telapak tangan. Angle kamera yang tepat akan membuat kesan kamu menderita sedang menahan sakit gigi kian dapat. Usahakan istighfar setelah menggunakan foto ini bahkan kalau hingga di upload di situs jejaring sosial.

Kedua belas, Pose cherrybelle. Siapa sih yang ngga kenal cherrybelle? Ya! Girl Band yang mendadak ngetop pada beberapa tahun yang lalu. Dengan jargon yang khas yang berbunyi, chibbi... chibbi...chibbi...  haha hahahaha !!! itu, mereka mempopulerkan gaya berfoto yang khas pula. Ini merupakan kelanjutan gaya yang sebelumnya, bedanya gaya ini menggunakan kedua tangan yang menyentuh pipi dengan ujung telapak tangan bawah saling menempel. Sudah dipastikan kamu akan terlihat cute abissss... Namun kusarankan, untuk yang merasa berjenis kelamin laki-laki, meski dibayar duit satu milyar sekalipun, jangan menggunakannnya. Harga diri, bro! Eh, tapi kalau satu milyar, boleh deh dipertimbangkan :)

Ketiga belas, Pose serius. Nah, kalau kamu pengen terlihat maco, gunakanlah gaya ini. Kamu hanya perlu menatap kamera dengan tajam, tapi maksudnya bukan sambil nyolokin pisau dapur lho ya. Kamu cuma cukup fokus pada satu titik pada kamera tersebut. Dan dijamin kesan mature akan kau dapat. Kalau ingin mencobanya, usahakan tidak ada orang disekitarmu, karena kalau ada, mereka akan mengira kamu barusan lulus dari RSJ.

Keempat belas, Pose sedekap.Masih dengan tatapan tajam, ditambah melipat kedua tangan didepan dada akan menambah kesan keren buatmu. Apalagi dengan menyingsingkan lengan baju selengan. Waduuuu.... keren abis dah pokoknya... Coba deh masbro coba. Tapi! Setelah menyingsingkan lengan baju, jangan mengepalkan tinju kedepan. Ntar kamu bisa dilempat kamera ama yang sudi memfotokanmu.

Kelima belas, Pose walang kerik. Eh, apa sih bahasa Indonesianya yang tepat? Secara aku orang jawa, setahuku namanya itu. Intinya gaya dengan memegang samping pinggang kiri atau kanan atau keduanya. Tapi jangan kelamaan begayanya gini, ntar tinggal dikasih benang dan terbangin deh kamu kayak layang-layang. Kalau sudah, lepas deh pinggangnya.

Keenam belas, Pose MTMA. Nah, ini pose yang kudapat setelah melihat tayangan My Trip My Adventure di Trans TV. Tahu kan? Nge-hits banget program TV-nya apalagi pernah shooting di Tulungagung, kotaku tercinta. Pelaku pose ini cukup mengangkat kedua tangan keatas selebar-lebarnya. Wadah, udah berasa mirip Dion Wiyoko, Vicky Nitinegoro,Dennis Sumargo atau bahkan Hamish Daud Wyllie. Esumpah, itu kerenmasberroooo.... Namun usahakan tidak ada orang disampingmu kalau mau begaya begini, takut terkena tanganmu. Atau kalau ada orang, kalau bisa segera diturunkan tangannya.Buauuuunya itu lho masberroooo.... buauuunyaaaa....

Ketujuh belas, Pose melet. Kalau dahulu melet itu merupakan bentuk ejekan kepada lawat bicara. Kini menjulurkan lidah juga dapat digunakan kalau kamu pengen bergaya didepan kamera. Raut muka yang terbentuk setelah melet akan menciptakan kesan unyu bin imut bagi siapapun yang melihatnya. Terlebih kalau meletnya sambil bernafas dengan cepat, udah kayaaaaak..... Hah, Lupakan! Hehe.

Kedelapan belas, Pose tembem. Anehnya sekarang, kalau dulu orang pengen terlihat kurus, kini trade mark orang cubby adalah dengan menggelembungkan pipi. Sejenak memang kita harus menahan nafas atau bernafas melalui hidung, namun efek yang ditimbulkan dikamera akan membuat orang bilang, "Oh my God... Kamu imut sekali... Kamu unyu sekali... Kamuuu....." (hueekkkkk...)

Kesembilan belas, Pose mellow. Pose ini sangat disarankan bagi kamu yang barusan putus cinta atau sedang menderita jomblo akut. Caranya, kamu cukup duduk melipat kaki hingga dagu kemudian kamu tinggal memasang muka sesedih mungkin dan semenderita mungkin. Walau terkesan mellow , itu cool gaezz.... Trust me! Tapi ya itu, kalau kamu mau mencoba jangan dipinggir jalan raya. Ngga, takutnya ntar tiba-tiba ada yang nglemparin koin kepadamu. Whattt???

Kedua puluh, Pose jempoler facebook. Ini adalah gaya diperuntukkan bagi orang yang bermuka datar dan ngga mau ribet-ribet bergaya. Tidak memerlukan usaha yang sulit untuk melakukannya. Cukup mengangkat ibu jari keatas dengan finishing touch berupa senyum manis. Dah !!! Gitoh ajah !! Cakep dah !!! Atau kalau beruntung dilirik ama om Mark Zuckerberg, ntar bisa dipromoin jadi duta facebook ntar.

Kedua puluh satu, Pose foto KTP. Kalau kamu sudah mati gaya, udah deh, ini pilihan yang paling tepat. Cukup pasang muka datar sambil berdiri tegak bak berasa di kantor kelurahan. Pose ini cocok untuk yang sedang menghadiri pertemuan agung, foto pernikahan atau foto yang formal lainnya. Tapi yaa itu... Komentar yang bakal kamu dapat adalah "krikkkk... krikkkk...krikkkk..."

Kedua puluh dua, pose mix and max. Inilah pose terakhir yang dapat digunakan dengan mencampur semua gaya tersebut manakala kita sedang foto selfie atau groovie. Mudah kok caranya, kita tinggal mengganti-ganti gaya bebas sesuai keinginan kita. Aplikasi semacam B612 dapat digunakan apabila kamu menggunakan handphone model Android. Intinya adalah gaya bebas. Explore gayamu, guys!

Nahkan, ternyata banyak juga kan pose yang kuketahui. Jangan-jangan aku juga tergolong orang yang narsis. Namun kuharapkan, dengan tulisan ini, kian berkembang pose-pose narsis lainnya sehingga dapat meningkatkan taraf kenarsisan kita hingga tingkat internasional. Semoga kedepan ngetrend  pose narsis baru, misalnya dengan gaya koprol, hands stand, nungging, tengkurep, nyolok mata, ngupil atau pose-pose narsis lain. 

Kamu? Sudahkah melakukan pose-pose narsis itu? Hmm... Atau mungkin kamu punya pose narsis lain? Coba sebutkan! Siapa tahu dapat kumasukkan ke nomordua puluh tiga, dua puluh empat, dua puluh lima, ...

#mkn
22 Ramadhan 2015

0 komentar:

 
;