Blue Fire Pointer
Jumat, 05 Februari 2016

LALU KENAPA DENGAN WARNA UNGU???

LALU KENAPA DENGAN WARNA UNGU???
Oleh : Mohammad Khadziqun Nuha



Selain warna merah yang kusukai sejak kecil serta warna abu-abu, aku juga suka dengan warna ungu. Iya, ungu. Kenapa? Ada masalah? Tenang, aku sudah biasa dipandang sebelah mata dengan mengernyitkan dahi sambil menatapku dengan wajah aneh ketika mengetahui beberapa benda yang kumiliki berwarna (menelan ludah), ungu. Taruhlah benda seperti helm, silicon handphone, kaos, topi bahkan sikat gigiku berwarna ungu. Dan, setiap orang yang mengetahui barang-barang milikku itu pasti bilang,
“Dih, Pak Nuha wadah hape-nya kok berwarna ungu?”
“Cowok kok suka warna ungu?”


Beneran, aku sudah biasa dipandang dengan wajah penuh tanya seperti itu. Kalau kalian termasuk yang beranggapan kalau warna ungu itu merupakan warna janda, warna feminim atau apalah-apalah. Heyyy... Berarti kalian termasuk orang yang masih percaya dengan mitos. Maksudnya,
“LALU KENAPA DENGAN WARNA UNGU???”


Baiklah yang mulia, izinkan aku memberikan pledoi...
Ada yang bilang bahwa warna itu mencerminkan kepribadian seseorang. Mungkin saja karena jiwa seseorang terkadang bisa terlukiskan pada kesukaan warnanya. Ntah bagaimana ceritanya hingga karakteristik seseorang dihubungkan dengan warna kesukaannya, sehingga bisa jadi kepribadiaan seseorang tersugesti oleh karakter atau sifat suatu warna.

Warna ungu sendiri terdiri dari berbagai tingkatan warna mulai dari warna biru sampai akhir dari spektrum warna merah. Ungu berasal dari percampuran warna hangat yang kuat dan dingin yang kuat. Seperti kita ketahui tipikal orang yang suka warna merah adalah berwibawa dan suka mengayomi teman yang lemah. Walau sering bergaul atau bercanda namun dapat menahan diri. Banyak orang yang mengatakan cinta, namun penyuka warna merah selalu berfikir dan berfikir lagi. Mereka tidak mudah jatuh cinta. Baik, itu untuk penyuka warna merah, kalau warna biru, melambangkan ketenangan yang sempurna sehingga memiliki kesan menenangkan, perasaan mendalam, konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif, bijaksana, tidak mudah tersinggung serta banyak teman. Nah, Ungu? Merupakan perpaduan dari keduanya.

Kalau warna ungu menjadi warna favorit kita, berarti kita tergolong pribadi yang luar biasa.
KENNAPAH???
Iya, perpaduan merah yang panas serta biru yang sejuk menciptakan warna yang menarik. Bahkan ungu memiliki tempat khusus dialam, hampir suci di jagat semesta. Tidak banyak benda dialam ini yang berwarna ungu sehingga muncul kesan bahwa eksklusif dan elegan. Taruhlah seperti warna anggrek dan lavender terkesan halus dan berharga. Ungu itu berbeda dengan yang lain karena merupakan warna yang menonjol dan menarik. Bagitu pun aku, aku paling tidak suka jika disamakan dengan orang lain serta ingin berbeda dengan yang lain. Paling anti dengan segala hal yang berbau mainstream.


Warna yang katanya identik dengan kaum janda ini, tau ngga sih, kalau sebenarnya warna ungu itu memiliki makna yang baik. Purple is against bad idea. Inilah warna yang disebut Mangkunegara sebagai warna yang paling baik. Karena intinya, ungu itu merupakan warna yang baik yang dapat mencegah ide-ide yang buruk. Jadi apabila kita sedang ada meeting atau presentasi alangkah baiknya kalau kita menggunakan warna ungu karena dapat menciptakan ide-ide yang briliant sehingga bisa jadi project kita akan goal. Terlebih, sebuah penelitian menyebutkan bahwa kamar yang berwarna ungu dapat meningkatkan imajinasi anak layaknya kreativitas seorang seniman. Yap! Inilah warna yang digadang-gadang sebagai warna bagi orang yang memiliki kreativitas tinggi.

Warna yang dibilang warna feminim ini ternyata memang luar biasa. KENNAPAH? Berdasarkan artikel yang pernah kubaca, pribadi yang menyukai warna ungu adalah figur yang benar-benar extraordinary. Tidak pernah ragu dalam menghadapi masa depan, apa yang dikerjakan adalah yang terbaik, pandai dalam mengikuti perkembangan jaman, sensitif dan welas asih, pengertian dan tak segan untuk memberikan dukungan kepada siapapun bahkan bisa dibilang dia lebih memikirkan orang lain daripada dirinya namun sepertinya kebaikannya sering dimanfaatkan orang lain, pribadi yang damai dan menenangkan, cenderung introvert sehingga banyak yang menganggap pemalu, mampu membuat orang terinspirasi dengan daya pikirnya yang kreatif, merupakan sosok visioner dengan mimpi dan ambisi yang tinggi, cenderung melihat sisi terbaik pada seseorang, dan selalu optimis dalam bersikap. Warna ungu juga melambangkan spiritual sehingga dengan agama dia ingin mengetahui arti hidup, sosok bangsawan karena banyak dipakai diberbagai kerajaan, misteri karena sangat jarang ditemui dialam, kreatif sehingga sangat anti dengan suatu yang bersifat kuno serta pada dunia percintaan hanya mereka yang kuat mental yang bisa mendekati dan menjadi kekasihnya.

Memang dalam kebudayaan, banyak literasi yang menyebutkan bahwa ungu merupakan identik dengan warna berkabung bagi janda di Thailand, Brazil, Italia dan Inggris. Namun, tahu pula kah kalian kalau warna ungu juga dikaitkan dengan gelar bangsawan, orang-orang yang memiliki otoritas peringkat tinggi dan orang yang memiliki jiwa spiritual diberbagai negara serta juga warna favorit bagi Ratu Cleopatra Mesir. Bahkan di negeri Uncle Sam, hati ungu adalah dekorasi militer Amerika Serikat yang diberikan kepada tentara yang terluka dalam pertempuran. Tentunya ini merupakan gelar yang terhormat disana. Dalam teori meditasi dan metafisika, mengutip dari ungkapan Leonardo da Vinci yang menyatakan bahwa kekuatan meditasi akan meningkat sepuluh kali lipat ketenangan seseorang manakala dibawah sinar lembut warna ungu.

Jadi, masih memandang sebelah mata pada penyuka warna ungu? Masih percaya dengan mitos bahwa ungu identik dengan warna janda atau feminim. Come on guys, wake up! Kita bicara fakta bukannya mitos. Tersenyum tengil 
smile emotikon

0 komentar:

 
;