Blue Fire Pointer
Jumat, 05 Februari 2016

MANAKAH MODEL KERUDUNGMU?


MANAKAH MODEL KERUDUNGMU?
Oleh : Mohammad Khadziqun Nuha


.
Hijab merupakan piranti yang wajib dikenakan oleh setiap muslimah yang ada didunia ini. Di negara-negara eropa, kita mengenal sebutan “veil” yang merujuk pada penutup kepala tradisional, sedangkan di Indonesia kita menyebutnya hijab, jilbab atau kerudung. Ini bukan soal kerudung tipi, kerudung kulkas, atau kerudung dispenser maupun magic jar. Kali ini aku mau membahas kerudung yang biasa dikenakan muslimah di Indonesia.
.
Dengan menggunakan hijab, jilbab, kerudung atau apalah kita menyebutnya, seorang muslimah berarti telah menjalankan syariat agama sesuai yang diisyaratkan oleh kitab suci agama ini. Namun, disini aku ngga akan membahas dalil yang mengharuskan wanita untuk mengenakan hijab tersebut. Bukan pula agar tulisanku ini menjadi trending topic world wide, akan kubahas tutorial memakai hijab yang baik dan benar. Bahkan, untuk aji mumpung, ngga akan pula aku jualan sebagai online shop dengan jargon yang terkenal, “diorder yaa sist...”. Bukan! Dalam tulisanku yang ini, aku ngga akan membahas yang itu. Eh, tapi kalau nantinya ada pembaca yang sudi ngendorse jilbab untukku, aku ngga akan nolak. Tapi bukan untuk kukenakan sendiri, memangnya akika lekong apapun bokkk... Akan kusumbangkan ke wanita fakir atau miskin. Ecieee saya. Sok bijak.
.
Baik, daripada berpanjang lebar, aku ingin langsung membahas perkembangan hijab yang biasa dikenakan kerudungers (wanita yang mengenakan kerudung), atau jilbabers (wanita yang menggunakan jilbab) atau biasa disebut hijabers (wanita yang memakai hijab) bagi wilayah Indonesia dan yang sewaktu. Perkembangan di dunia mode yang begitu pesat membuat mereka tak mau kalah dengan “fashionista” yang lain dengan memadupadankan hijab yang mereka kenakan dengan pakaiannya. Jadi kini hijab tak hanya sebagai penutup aurot, namun sudah menjadi bagian dari lifestyle. Etdah... Ini tadi katanya sudah mau langsung, kok masih nglantur saja. Baik, berikut ini aku jabarkan berbagai jenis kerudung yang berhasil kutemukan. Cekidot!
.
PERTAMA, kerudung panjang (lihat gambar 1 pada kolom komentar!). Hijab seperti ini merupakan hijab yang biasa dikenakan oleh wanita yang telah memiliki keteguhan hati untuk menutup aurot. Inilah hijab yang sesuai dengan syariat agama Islam dengan kain panjang hampir menutup seluruh tubuh. Hijabnya gombrong panjang hingga bawah. Saking protective-nya biasanya terdapat celana tambahan didalam roknya (kalau tidak salah). Pertanyaannya, ngga susah tuh kalau mau buang air? Bayangkan! Repot banget pasti. Pertama musti buka kaos kakinya, lalu celananya, kemudian roknya. Belum lagi kalau mulai jongkok, pasti kerudungnya menyentuh lantai dan mau ngga mau kita musti pegangin tuh kerudung. Wah, sungguh kebayang tangguhnya wanita seperti ini. Duh, tapi kenapa aku ngurusin yang beginian. Rempong sekali. Apapun itu, inilah sosok muslimah yang patut dijadikan teladan.
.
KEDUA, kerudung ibu pejabat (lihat gambar 2 pada kolom komentar!). Sesuai namanya, kerudung model ini biasa dikenakan oleh ibu-ibu pejabat yang ingin tampil modis dengan kerudungnya. Bentuknya maksimal dengan bibir kerudung yang terbuka lebar sehingga keningnya pun terlihat dengan jelas. Ditambah lagi, diantara bibir kerudung dan kening terpampang nyata sebuah jambul katulistiwa ala syahrini yang menghiasi kerudung itu. Jambul yang kokoh itu sepertinya telah disemprot hair spray setengah botol sehingga membuat jambulnya terlihat stabil bentuknya.
.
KETIGA, kerudung berponi (lihat gambar 3 pada kolom komentar!). Ini yang lebih aneh lagi, kalau melihat orang memakai kerudung seperti ini berasa ingin ngegampar pelakunya. Bentuknya hampir sama dengan model kedua, dia berpakaian rapi, bajunya panjang, kerudungnya pun rapih namun sepertinya itu hanya aksesoris karena didepan jidatnya terdapat poni yang berbaris dengan rapi seperti pagar kelurahan. Jadi orang yang memandangnya pun ikut heran. Orang model ini aneh, dia hanya mengerudungi rambut yang belakang, yang depan terpampang dengan nyata.
.
KEEMPAT, kerudung kepompong (lihat gambar 4 pada kolom komentar!). Model kerudung seperti ini dipopulerkan oleh presenter kondang Dewi Hughes itu. Bentuk kerudungnya itu melingkar diatas kepala dan berdiri kokoh dengan tegap laksana menara pisa di Italia. Yang membuatku bertanya-tanya adalah bagaimanakah rambutnya bersemayam didalam kerudungnya? Ngga kebayang pula kalau doi mau memakai mukena dengan bentuk kerudung seperti itu, pasti lucu. Kerudung model ini mirip sekali dengan kepompong. Dan kalau ada kepompong yang segede itu pasti yang ada didalamnya bukan ulat, tapi naga.
.
KELIMA, kerudung master hipnotis (lihat gambar 5 pada kolom komentar!). Disebut model master hipnotis karena ketika penggunanya mengenakannya sudah mirip master hipnotis Romy Raphael ketika masih memakai penutup kepala. Jadi ini semacam kain yang difungsikan sebagai pembungkus rambut yang kemudian diikatkan kebelakang. Sangat jarang kita jumpai anak muda mengenakan model kerudung seperti ini. Karena itu, aku hanya menemukan orang tua atau nenek-nenek yang menggunakan model seperti ini sembari berkata,”dalam hitungan ketiga anda akan tertidur lebih dalam”
.
KEENAM, kerudung gaya daleman kelihatan(lihat gambar 6 pada kolom komentar!). Telah banyak kita jumpai model kerudung yang merebak di masyarakat. Salah satunya yang sedang trendy sekarang ini adalah model daleman yang overlapping. Jadi, daleman kerudung yang terbuat dari kain sewarna atau yang kontras sengaja dibuat kelihatan. Para hijaber memulai dengan menggunakan satu warna, dua warna atau kombinasi. Mungkin ini terinspirasi dari model kerudung jaman dahulu, hampir mirip ketika menggunakan mukena. Jadi, ceritanya tak hanya moto GP yang bisa balapan, kerudung dan dalamannya pun juga bisa.
.
KETUJUH, kerudung wig (lihat gambar 7 pada kolom komentar!). Merupakan model kerudung yang baru saja kuketahui. Bentuknya unik, dibuat sedemikian rupa untuk menyerupai bentuk rambut sehingga bagi yang mengenakannya memerlukan usaha ekstra untuk mendekorasi hijabnya. Konsepnya sebenarnya simple, yakni hanya mendesain kerudung seperti rambut, sehingga bagi yang malas berkerudung namun ingin mengikuti style berjilbab sangat cocok dengan kerudung ini. Layaknya wig atau rambut palsu, penggunanya menggunakan kerudung layaknya bentuk biasa, namun dibuat layaknya mahkota perempuan.
.
KEDELAPAN, kerudung ke madrasah (lihat gambar 8 pada kolom komentar!). Model kerudung seperti ini biasanya sangat cocok digunakan untuk yang ingin mengaji atau ke sekolah. Bentuknya sangat khas dengan kain tipis dengan didalamnya terdapat dalaman. Model kerudung seperti ini press dengan bentuk kepala. Biasanya dilekatkan dengan beberapa peniti. Hanya mereka yang beradrenalin tinggi yang menggunakan model seperti ini. Bayangkan, salah tusuk sedikit, niat menggunakan hijab berubah menjadi akupuntur.
.
KESEMBILAN, kerudung ngga SNI (lihat gambar 9 pada kolom komentar!). Kenapa disebut ngga SNI? Karena penggunanya ngga menggunakan daleman kerudung serta kain yang dipilih biasanya adalah kain yang tipis. Kerudung hanya disamperin sekenanya asal dapat melingkar dikepala. Ada pula yang mengenakan kain serupa taplak meja sebagai kerudung. Jadi ketika ada angin lewat, wusss... lehernya akan kelihatan atau bahkan rambutnya akan menjuntai keluar. Belum lagi kalau terdapat bulu-bulu yang keluar dari dalam kerudung. Itu bukan bulu apa-apa, namun rambut dari kerudungers tersebut. Mereka juga sering menarik kerudungnya kedepan dan kebelakang karena kerudung yang tak berdaleman akan rentan kendor atau berpindah posisi. Ketika si wanita ingin menarik kerudung itu, dia akan menaruh tangannya diubun-ubun lalu menariknya kebelakang. Sembari kerudungnya tertarik, juga bentuk mukanya akan tertarik kebelakang sambil merem-merem. Langkah selanjutnya apabila sudah tertarik kebelakang adalah menarik bibir kerudung depan dengan jari telunjuk sembari merapikan bagian kerudung bagian samping pipi. Gunanya adalah untuk meratakan bagian kanan dan kiri agar lebih simetris. Hal ini akan dilakukan berulang kali berbanding lurus ketika kerudung itu melorot.
.
KESEPULUH, kerudung ayat-ayat cinta (lihat gambar 10 pada kolom komentar!). Sesuai dengan namanya, penggunanya terilhami oleh sosok aisyah yang ada dalam film ayat-ayat cinta. Bentuk kerudungnya seperti layaknya kerudung lain namun tinggal ditambah semacam cadar yang menutupi hidung dan mulutnya. Kerudung model seperti ini sangat familiar bagi negara timur tengah dan penganut agama ini yang taat.
.
Demikian ulasan model kerudung yang kutemukan selama ini. Aku sangat menunggu tambahan dari para kerudungers, jilbabers, atau hijabers mengenai model-model yang ada untuk memperkaya khasanah perbendaharaan berhijab. Maklum, aku sendiri ngga mengenakan hijab (Eh, ngga atau belum entahlah). Kerudung merupakan jati diri seorang muslimah. Jadi, seharusnya yang perlu dibenarkan adalah niat dan komitmen untuk menutup aurot, bukannya model apakah yang seharusnya digunakan. Dan satu pesan dariku yang perlu diingat duhai para wanita diluar sana,
“Ketika kamu tidak kuat menahan panasnya memakai hijab, maka bersiaplah untuk menahan panasnya api neraka”.
.
NB:
Gambar style kerudung dikolom komentar berikut diperankan oleh model. Mohon maaf apabila terdapat kemiripan wajah dan bentuk kerudung. Sebenarnya aku ingin memerankan sendiri, namun aku masih harus menata hati untuk memakai hijab. ‪#‎Plak‬

0 komentar:

 
;